Berita Acara Pemeriksaan


Hari ini, saya menyaksikan betapa pentingnya berita acara pemeriksaan dalam suatu sidang. Seluruh jalannya persidangan akan terfokus pada berita acara pemeriksaan. Majelis hakim, jaksa penuntut hanya akan mengkonfortir apa yang sudah kita sampaikan pada penyidik dan dituangkan dalam berita acara pemeriksaan.

Sedemikian pentingnya berita acara pemeriksaan, sehingga sebaiknya kita cermat dan berhati hati dalam memberikan keterangan. Seluruh keterangan disampaikan dengan runtut, apa adanya dan sesuai dengan pertanyaan penyidik. Seluruh kata kata yang kita gunakan hendaknya kata kata yang sederhana dan tidak bias.

Saat seluruh keterangan sudah disampaikan, ada baiknya kita membaca kembali berita acara pemeriksaan atau mendengarkan pembacaan berita acara pemeriksaan dengan seksama. Jika sudah yakin dan tidak ada pernyataan yang saling bertentangan baru kita menandatanginya. Berita acara pemeriksaan inilah yang akan membantu kita dalam persidangan atau sebaliknya akan menyulitkan kita jika banyak pernyataan ambigu, tidak tegas atau bahkan saling bertentangan satu sama lain

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s