Persiapan

Kembali lagi melewati tahapan ini. RUPS kinerja tingkat staff. Tahapan pertama dari tiga tahap yang akan menentukan diterima atau tidaknya kinerja untuk tahun buku yang baru saja ditutup.
Persiapan menghadapi rapat tahun ini lebih matang dibanding tahun tahun sebelumnya. Materi rapat sudah kami selesaikan jauh sebelum diminta pemegang saham. Jeda waktu yang panjang antara penyelesaian materi dan tenggat waktu pengumpulan materi membuat proses review materi dapat dilakukan dengan lebih cermat dan seksama.
Halaman demi halaman dapat saya baca dengan tenang. Kalimat per kalimat. Angka demi angka. Tabel demi tabel. Hubungan antar tabel, kesesuaian materi dengan materi tahun sebelumnya. Hampir seluruh aspek dalam materi dapat direview.
Menjelang tenggat waktu usai, kami sudah tidak disibukkan lagi dengan penyelesaian materi. Kami dapat memaksimalkan waktu untuk mempersiapkan ‘contekan’. Saya menuliskan detail angka yang disebut dalam materi di halaman kosong , tepat di samping tabel yang mencantumkan angka tersebut. Dengan menuliskan detail, otomatis saya telah menyegarkan kembali ingatan akan asal dari angka angka tersebut. Selain itu sekiranya ada pertanyaan yang timbul sehubungan angka dalam tabel, dengan mudah saya dapat menemukan detailnya. Tidak perlu terlalu lama menghabiskan waktu membulak balik kertas print out, mencari detail angka.
Hingga tibalah waktunya rapat. Persiapan yang cukup matang membuat semerbak aura percaya diri mengelilingi ruangan. Memang tidak semua pertanyaan yang ditanyakan pemegang saham dapat langsung dijawab. Beberapa kekeliruan masih ada, namun prosentasenya tidak sebesar tahun tahun lalu.
Paling menggembirakan saat rapat ditutup. Pemegang saham tidak meninggalkan seberkas dokumen untuk direvisi. Alhamdulillah. Setelah berulang kali kami diberikan dokumen revisi, rapat kali ini dapat kami lewati tanpa adanya koreksi besar terhadadap materi.
Akhirnya kami bisa melewatinya. Hambatan besar yang seolah olah sudah menempel pada kami. Sekarang kami tanggalkan image itu. Alhamdulillah. Congrats buat seluruh tim, terimakasih buat Mr A, you did it!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s