solusi

Bukan sekedar menemukan masalah. Atau bahkan mencari cari masalah. Meneliti dengan seksama hanya untuk menemukan celah. Celah kecil yang bisa diangkat menjadi masalah. Menjelaskan dengan berapi api. Kemungkinan terburuk yang pasti terjadi. Masalah yang akan timbul dari suatu tindakan. Mencari kelemahan, sekecil apapun itu, untuk diungkap. Berupaya menemukan kelemahan, diangkat menjadi masalah. Sedemikian besarnya masalah hingga menjadi dalih untuk tidak berbuat apa apa. Bukan itu.
Berupaya melihat secara utuh. Mencoba segala sudut pandang. Menyelami maksud dari suatu tindakan. Meluaskan pandangan. Mengeliminir blind spot. Mendengar. Meresapi..
Berpikir sejenak. Tanpa bermaksud mengulur waktu. Mengakui adanya kelemahan. Menerima adanya masalah. Mencoba menganalisa situasi. Berupaya menemukan alternatif. Menawarkan solusi yang bisa ditempuh. Eksekusi.
Menyadari adanya resiko dari setiap tindakan. Tidak mengelak adanya kemungkinan masalah di kemudian hari. Berbuat, berupaya mencari solusi dari setiap masalah yang ada. Bukan mencari masalah tapi menawarkan solusi. Bukan menutupi masalah tapi berupaya menyelesaikan masalah.
Hasil akhir tidak akan pernah bisa dipastikan..
Masalah, solusi, tindakan, upaya terbaik, berserah diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s