culture shock

Perbedaan sifat antara bisnis pengelolaan gedung dan perhotelan tak pelak membuat saya tergopoh-gopoh. Bisnis pengelolaan gedung bisa dikatakan sebagai bisnis yang statis, penghuni gedung relatif tetap, jangka waktu sewa yang lama (umumnya lebih dari 1 tahun), dan pemenuhan kebutuhan operasional pengelolaan gedung yang relatif tetap, tidak banyak berubah baik dari jenis maupun kuantitas. Transaksi di gedung merupakan transaksi bulanan atau bahkan tahunan. Sementara di hotel sangat dinamis, konsumen yang dihadapi selalu berbeda, dengan kebutuhan berbeda pula. Setiap hari selalu ada tamu baru, transaksi baru, dan pemenuhan kebutuhan operasional hotel yang hampir setiap hari timbul, tak jarang lebih dari 3 kali perhari. Transaksi di hotel adalah transaksi harian.
Setelah 4 tahun berkutat di keuangan pengelolaan gedung, hari hari awal di perhotelan dipenuhi dengan lintasan pikiran bagaimana pejabat sebelumnya membagi waktunya. Hampir setiap jam (menit?) muncul dokumen baru yang perlu diverifikasi, secara prinsip sebenarnya tidak ada perbedaan antara lingkup tugas saya di pengelolaan gedung dan di hotel, sehingga mestinya tidak ada kekagetan berlebih terhadap tugas yang dijalankan. Namun yang membuat saya terengah-engah beradaptasi dengan tugas baru saya adalah frekwensi transaksi yang luar biasa jomplang, dan jauh diatas perkiraan saya. Sebagai gambaran, proses verifikasi account payable di gedung sekitar 70 – 90 dokumen perbulan, sementara di hotel 30 – 40 dokumen sudah antri minta diverifikasi setiap harinya. Lonjakan yang sama terjadi pula pada dokumen cash receipt, account receivable, general journal, dan tentunya cash disburshment yang selalu beriringan dengan ap.
Membludaknya dokumen yang segera harus diverifikasi maupun diapprove, lingkup kerja baru, serta rekan kerja baru membuat saya mengalami culture shock. Sambil terus berpikir bagaimana menata waktu untuk mengimbangi load pekerjaan, saya pun harus segera menemukan siasat supaya tidak tenggelam dalam rutinitas clerikal dan melupakan lingkup strategis…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s