I Like This Job

Seorang karyawan tentunya memiliki tugas yang tertuang dalam job description, begitu pula dengan saya. Namun ada beberapa tugas yang tidak tertuang dalam job desc yang terkadang harus diselesaikan, biasanya ini adalah pekerjaan tim yang anggotanya terdiri dari berbagai divisi. Terkadang pekerjaan seperti ini justru lebih menyita waktu dibandingkan pekerjaan rutin.
Salah satu pekerjaan non rutin yang sangat saya nikmati adalah bergabung dengan tim penyusun dokumen aplikasi malcolm baldrige.
Dokumen ini adalah potret kinerja perusahaan dengan mengunakan kriteria baldrige yang terdiri dari 7 kriteria (lebih lengkapnya bisa dilihat di situs NIST ataupun Indonesia Quality Award Foundation).
Ada beberapa faktor yang membuat saya enjoy di tim ini, diantaranya adalah interaksi yang sangat erat dengan senior leader dan leader perusahaan (prajurit seperti saya sangat jarang mendapat kesempatan seperti ini :p), diskusi maraton tiada henti, atau bahkan berbagi tawa kegelisahan menjelang fajar saat tenggat waktu semakin dekat.
Wisata kuliner selalu kami sempatkan dalam pengasingan kami agar stamina tetap terjaga (sengaja kami diasingkan agar pekerjaan rutin tak mengganggu proses penyusunan), menu favorit kami adalah kepiting telor saus padang. Sudah 5 tahun kami melewati proses ini, yang membuat kami saling mengenal satu sama lain. Entah apa yang ada dalam pikiran senior leader dan leader hingga mereka dengan komitmen tinggi tetap setia terlibat dalam proses ini.
Tenggat waktu penyerahan dokumen ini adalah bulan september setiap tahunnya, sehingga hampir 4 periode penyusunan menghampiri kami saat kami menjalani puasa romadhon.
Ada kepuasan tersendiri saat dokumen aplikasi berhasil kami rampungkan, saat dokumen itu kami cetak, hingga menunggu dokumen itu dijilid. Penyusunan dokumen aplikasi di musim kelima membawa korban, salah seorang senior leader kami terpaksa dirawat di rumah sakit, kemungkinan beliau tidak mampu menjaga staminanya tetap prima karena melewatkan menu kepiting telur saus padang dalam wisata kuliner kami musim itu he he (tenggat waktu yang sangat sempit memaksa kami meniadakan menu tersebut).
Setelah dokumen aplikasi kami serahkan ke Indonesia Quality Award (IQA) Foundation, proses selanjutnya adalah menantikan on desk assesment dan on site assessment oleh para examiner. Hingga akhirnya sampailah kepada tahap akhir yaitu Awarding IQA, yang merupakan pengumuman hasil pemeriksaan yang biasanya dirangkai dengan seminar.
Masih terbayang perasaan cemas menjelang pengumuman itu, suhu ballroom hotel yang sudah dingin menjadi semakin dingin, namun keringat menetes dan detak jantung semakin cepat.
Alhamdulillah kami berhasil melampaui target yang ditetapkan, menembus band good performance. Perasaan puas, haru, membaur jadi satu. Senyum terkembang mewarnai wajah ceria kami. Tuntas sudah musim kelima kami, berakhir sudah tugas tim kami, pengetahuan baru kembali saya serap dari senior leader dan leader. Terimakasih tak terkira buat mereka yang tergabung dalam tim, totalitas, antusias, dan komitmen yang akan selalu saya ingat. Tahun depan mungkin tidak akan pernah sama lagi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s